Macam-Macam Cedera Ligamen yang Harus Kamu Tau

Cedera ligamen adalah salah satu cedera yang paling sering dialami oleh seorang atlet. Penanganan yang kamu butuhkan juga beragam dari mulai yang sederhana hingga kamu harus operasi. Misalnya saja ACL, taukah kamu kalau biaya operasi ACL itu tidak sedikit bahkan tak jarang kamu urung operasi karena kendala biaya.

Tapi tidak semuanya harus operasi, semuanya tergantung pada jenis dan tingkat keparahan cedera yang kamu alami.

Beberapa Macam Cedera Lutut yang Umum Terjadi

Secara umum cedera lutut bisa terjadi karena kamu banyak melakukan aktivitas fisik baik itu olahraga, bisa juga karena jatuh atau terbentur benda yang keras. Sehingga lutut terasa nyeri, kemudian bengkak dan kamu pun kesulitas bergerak akhirnya.

Inilah beberapa jenis cedera ligamen yang mungkin untuk kamu alami:

  • Cedera Lutut ACL

ACL merupakan salah satu dari empat ligament yang fungsinya menghubungkan antara tulang kering dengan tulang paha. Biayanya cedera ini rawan terjadi pada mereka yang suka aktivitas olahraga entah itu sepak bola, voli, hingga bola basket. Penyebabnya adalah kamu seringkali mengubah arah gerak dengan tiba tiba bahkan setelah kamu melompat. Nah biasanya cedera ini juga bisa berbarengan dengan cedera meniscus dan juga cedera ligamen lainnya.

Untuk mengatasinya biasanya dokter akan menyarankan untuk operasi saja, biaya operasi ACL sendiri juga lumayan mahal yaitu kisaran 53 jutaan kalau di Malaysia yaa.

  • Keseleo

Keseleo merupakan cedera ligamen yang terkilir akibat gerakan yang kamu lakukan terlalu mendadak, seringkali dialami mereka yang suka bermain sepak bola maupun bola basket. Kadangkala pendaratan yang kamu lakuakan tidak sempurna sehingga membuat jaringan ikat lutut terkilir. Gejalanya ialah nyeri saat jalan, bengkak di area lutut hingga muncul warna kemerahan disana.

  • Cedera Meniskus

Meniscus merupakan bantalan sendi lutut yang berbentuk C, fungsinya menjaga kestabilan struktur tulang, kemudian menghindari gesekan langsung antara tulang paha dengan tulang kering. Selain itu untuk pendistribusian pembebanan lutut dan juga sebagai peredam hentakan yang terjadi di sendi lutut.

Biasanya kalau cedera lutu kamu akan nyeri, terus bengkak, dan kamu juga merasa lutut kamu kaku dan serasa terkunci. Maka dari itu jangan terlalu sering melakukan gerakan twisting atau terpelintir secara tiba tiba.

  • Patah Tulang di Lutut

Fraktur lutut atau patah tulang yang terjadi di lutut karena jatuh, kecelakaan dan bisa juga karena cedera olahtraga. Tapi bisa juga karena kamu mengidap osteoporosis atau tulang keropos. Nah biasanya dokter akan menyarankan kamu untuk operasi sesegera mungkin.

  • Overuse

Jika kamu terlalu sering menggunaan lutut maka bisa cedera ligamen loh. Tapi tentunya dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Jika terlalu parah makan bisa jadi ligamen kamu ada yang rusak sehingga harus operasi untuk mengobatinya.

Itulah tadi beberapa macam cedera ligamen yang harus kamu waspadai. Ingat yaa bukan hanya biaya operasi ACL yang mahal tapi cedera ligamen lain juga butuh puluhan juga untuk menyembuhkannya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2023 Cafe Book Bean - WordPress Theme by WPEnjoy